bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Selasa, 01 Oktober 2013

Kisah Tentang RT Edi


Oleh : H. Syaiful Anwar

Laki-laki itu Edi Priatna namanya. Ayah dari satu putra dan dua putri ini adalah warga asli Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Jabatan sebagai ketua RT 04 RW 06 yang ia pegang sejak 28 November 2010 diperoleh berkat kepeduliannya yang tinggi terhadap lingkungannya. Laki-laki kelahiran 14 Januari 1970 yang biasa dipanggil "RT Edi" itu dipilih secara langsung oleh masyarakat melalui pemilihan secara terbuka dan demokratis, menyisihkan 4 calon lainnya. RT Edi meraih 53 suara dari total 61 suara yang ada. Suara  mayoritas yang diraihnya menyiratkan betapa besar kepercayaan masyarakat untuk menyematkan harapan di pundaknya. 

Setiap kegiatan di masyarakat, RT Edi selalu didampingi wanita pujaannya, Arah Amiyati, yang 20 tahun lalu dipersuntingnya. Pada tahun 2011, RT Edi bergabung dengan BKM Jatiluhur Barokah, sebagai ketua KSM An-Nur. Melalui rembug yang dilaksanakan pada 22 Mei 2012, KSM An-Nur bersepakat melaksanakan perbaikan jalan/gang di RT 4 RW 6.

Kegiatan dimulai pada 14 Juni 2012. KSM An-Nur yang dipimpin RT Edi itu mengerahkan enam tukang dan puluhan warga untuk gotong royong. Mereka berhasil menyelesaikan kegiatan paving sepanjang 130 meter dengan lebar 3 meter. Kegiatan paving ini menggunakan BLM sebesar Rp25.240.000 dan menyerap swadaya masyarakat senilai Rp11.092.000. Jalan yang semula tanah dan sering becek setiap kali hujan, jadi tertata dan rapi. Kendaraan pun dapat melintas dengan lancar. Penjual bakso dan pedagang lainnya yang memakai roda atau sepeda, kini dapat masuk lebih jauh menemui pembelinya.

Aksi RT Edi tidak berhenti sampai di situ. Akhir Desember 2011, ia memobilisasi warga untuk berpartisipasi membantu BKM dalam pelaksanaan Rembug Warga Tahunan (RWT). Dilaksanakan di sebuah lapangan, acara RWT dihadiri lebih dari 100 warga. Dinaungi 10 tenda dan sebuah panggung, RWT kelurahan Jatiluhur juga dihibur oleh artis lokal yang diiringi organ tunggal. Warga dari RW lain yang hadir dalam RWT juga memperoleh pembelajaran dari kerelawanan dan semangat RT Edi yang sangat kompak bersama warganya.
Kemudian, pada 16 Juni 2012, RT Edi bahu membahu secara total bersama BKM dan warganya dalam rangka launching BLM 2012. Kegiatan itu dihadiri Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf M. Effendi. Selain menghadirkan atraksi silat, acara launching tersebut dimeriahkan layar tancap selama dua malam berturut-turut.

Dalam acara lelang, RT Edi bersama warganya mendapat amanah untuk melakukan rehab dua unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Saat ini, kedua unit rutilahu tersebut telah selesai pengerjaannya.

RT Edi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar