bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Selasa, 02 Oktober 2012

Catatan Gelar Karya 2012


Tahun 2009, GKPM pertama kali dilaksanakan (Betul gak?). Kesan pertama : kagum.  Gedung megah, seluruh stan terisi, stan BUMN dan swasta demikian megah, seminar dengan materi yang cool dan pentas musik yang ciamik. Expo setiap kementerian, provinsi dan kota/kabupaten, sangat beragam dan penuh daya pikat. Award untuk pelaku dari berbagai program, diberikan dan diterima dengan penuh haru. Pelaku yang menerima award, di-orangi, difasilitasi akomodasi dan bobo di hotel berkelas. Mantablah, coy.

Kunjungan itu mengingatkan kegiatan Sosialisasi Massal PNPM MP di Kota Padangsidimpuan, 21 dan 22 Februari 2009. Lantas tergerak untuk mengadakan GKPM ala Kota Bekasi. Langkah pertama, memasukkan agenda tersebut dalam RKA BOP Satker TA 2010. Yes, masuk. Tahun 2009 berlalu, bulan silih berganti. Komunikasi dan koordinasi, hasilnya … BAM!!!!!!!!!!. Gelar Karya tidak bisa dilaksanakan. Diganti dengan kegiatan kunjungan ke Kabupaten Sidoarjo.

Menjelang akhir 2010, Gelar Karya tetap diusulkan dalam RKA BOP Satker TA 2011. Kali kedua, yes…masuk lagi. Januari, Februari, Maret lewat. Mei dilakukan koordinasi. Juni ditetapkan, Gelar Karya akan dilaksanakan pada 21 dan 22 Juli 2011. Mengusung tema : Meraih Esok, Gelar Karya berlangsung lancar. Expo dari 12 kecamatan, menampilkan ragam dan kekhasannya. Antusias tiap stan tampak dari sesak dan lubernya display  yang ditampilkan yang melebihi area stan. Enam stan sponsor, menarik pengunjung dengan berbagai keunggulannya. Sementara dua stan diisi peserta dadakan. Aneka lomba berjalan dengan baik. Award untuk BKM dan KSM, diterima dengan penuh bangga.

Gelar Karya kedua, dengan tema Bersama Meraih Esok, dilaksanakan di tempat yang sama, Balai Patriot komplek Kantor Walikota pada 13 – 15 September 2012. Digelar 3 hari, atraksi Bumi Taekwondo Club menjadi daya tarik dalam acara pembukaan. Hari pertama diisi oleh dua kegiatan lomba, yaitu lomba kreativitas dan poster. Sementara di hari ketiga digeber lomba mewarnai, menggambar dan baca puisi. Hari ketiga dilakukan penyerahan hadiah lomba dan doorprize, award dan penutupan.

18 September 2012, dilaksanakan evaluasi. Diungkapkan beberapa catatan plus dan minus mewarnai . Plusnya : acara digelar 3 hari, didirikan 30 stan, hadir PNPM MP Kota Depok dan Kabupaten Bandung Barat, partisipasi sponsor cukup tinggi, ada doorprize, organ tunggal full 3 hari, award untuk BKM, KSM, Lurah dan PJOK, bantuan buku-buku dari rekanan di ILO dan seluruh personil memperoleh 2 set seragam. Sisi berikutnya, jaringan pelaku PNPM MP antar kota/kabupaten dapat terbentuk.

Minusnya : kesalahan dalam cetak undangan untuk acara pembukaan. Tertulis hari Rabu, 13 September 2012, mestinya hari Kamis, 13 September 2012. Minus lainnya dalam pembuatan brosur. Dicetak dua kali, brosur pertama tampil tanpa logo sponsor. Sementara brosur kedua menampilkan logo sponsor, terbuka untuk umum, hadiah lomba dalam bentuk tabungan dan doorprize. Sisi berikutnya, peserta lomba menggambar, baca puisi, poster dan kreativias, total hanya diikuti 17 orang. Anak abu-abu yang diharapkan banyak yang hadir, hanya terwakili oleh 5 murid SMK yang magang di Kapermas. Demikian juga untuk Lomba Poster, hanya diikuti 3 mahasiswa dari Unisma dan STMIK Bani Saleh. Lomba photo yang menjadi primadona di tahun 2011, mengalami penurunan. Hanya 15 kelurahan yang berpartisipasi dengan 30 buah photo, tahun 2011 lebih dari 50 photo.

Gelar Karya kurang membumi. Hal tersebut disebabkan stan kecamatan, didominasi aneka produk KSM. Muatan expo PNPM MP menjadi terpinggirkan. Berkaitan dengan konsumsi, meski telah dibantu oleh Mie Sedap dan Sari Roti, makan berat untuk panitia dan tamu, mengalami kekurangan di hari pertama dan kedua. Dua dari 10 stan yang dipasang di tengah, jatuh tersenggol pengunjung. Bahkan stan kedua yang jatuh di hari kedua, menimpa anak-anak TK dan mencederai kepala seorang murid. Minus terakhir, kami tidak siap dengan musibah mati lampu. Acara penutupan dilakukan dalam suasana temaram.

Catatan 2012, telah kami ungkap. Pasti kental pembelajarannya. Tekad kami bulat, tahun depan harus lebih baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar