bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Selasa, 10 Juli 2012

Sabtu Sore Bersama ILO di Duren Jaya


Sabtu sore, tanggal 10 Desember 2011, sekitar pukul 15.30 WIB, LKM Duren Jaya kedatangan tamu istimewa dari International Labour Organization (ILO). Cukup membuat surprise dan tentu terselip kebanggaan. Bukan saja bagi LKM dan Tim 01, tapi juga bagi masyarakat Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.
Tim ILO terdiri dari Manchin Hirsch, Celine Felix (asal Prancis), Sebastiano Snider (asal Italia) dan Abdul Hakim (Indonesia). Di buku tamu tertulis “service civique gouv so wil pituti jboss adrisng gop”, yang artinya kira-kira “kunjungan pelayanan sipil untuk meningkatkan pelayanan, serta mempengaruhi pemerintah dalam membuat kebijakan”.
Tim disambut dengan keramah-tamahan khas Indonesia, yaitu senyum dan wajah sumringah. Ditambah aneka buah dan jajan pasar yang siap dicicipi, terhidang di atas meja. Tetamu dipersilakan duduk di kursi yang sudah disiapkan di Aula Kelurahan Duren Jaya.
Pose bersama di depan aula kelurahanLKM Duren Jaya dalam temu dengan Tim ILO
Sejenak melepas lelah, tanpa formalitas, meluncurlah ucapan selamat datang dari Koordinator LKM Duren Jaya Sumardiyono. Perkenalan terjalin penuh keakraban antara kedua belah pihak. Dilanjutkan dengan pemaparan profil LKM lewat tayangan infocus.
Banyak hal yang dipaparkan serta tanya yang disampaikan, meliputi kegiatan LKM dalam melaksanakan PNPM, pelayanan apa saja yang diberikan kepada masyarakat, apa yang menjadi indikator dalam menentukan masyarakat  miskin, bagaimana mengatasi kendala kemacetan ekonomi bergulir, kendala dan kiat apa yang dilakukan LKM dalam mengatasi permasalahan yang sering timbul, ketidaktepatan sasaran penerima manfaat, serta harapan LKM ke depan.
Manchin Hirsch sempat menanyakan, jika ingin melakukan perubahan apa yang akan diubah. Ia juga menyatakan kepuasan pribadi dan tim atas kunjungannya ke Duren Jaya.
Selanjutnya adalah penyerahan cinderamata dari ILO berupa buku-buku tentang proteksi tenaga kerja anak-anak, bacaan untuk mengajari anak-anak tentang pendidikan, apa yang harus dilakukan serta ajakan kembali bersekolah.
Tim ILO akrab dengan anak-anak RW 6Tim ILO didampingi ketua PAKEM Griya Firdaus, meninjau
rehab Rutilahu
Di akhir kunjungan, LKM Duren Jaya mengajak Tim ILO untuk melihat dokumentasi foto kegiatan LKM, KSM dan Tim 01 serta foto bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke RW 06 untuk melihat hasil PNPM maupun PAKET, seperti pembuatan jalan, saluran dan renovasi rutilahu.
Yang sangat menggelitik memang, ketika tiba di RW 06, kemanapun rombongan berjalan, warga mengikuti mereka dengan antusias dan penuh tanya. Terutama anak-anak, yang tertawa lepas dan berteriak kegirangan ketika diambil fotonya oleh Celine Felix.
Sabtu sore di Duren Jaya, menyisakan harapan lain, akankah ada kelanjutannya bagi program pemberdayaan masyarakat umumnya, serta masyarakat  Duren Jaya khususnya. Semoga. (OC 4 Jabar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar