bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Selasa, 10 Juli 2012

Menghijaukan Rumput Sendiri


Fasilitator merupakan aset yang sangat berharga. Satu bagian terpenting dari bagian penting lain dalam suksesnya PNPM Mandiri Perkotaan. Satu bagian yang dapat membuat halaman pemberdayaan menjadi lebih hijau dari kondisi semula. Satu bagian yang mendorong terjadinya perubahan pada hijaunya rumput di kebun kita.
Agar fasilitator menjadi tangguh, berbagai upaya telah dilakukan. Upaya untuk mewujudkan fasilitator yang andal mengatasi berbagai tantangan dan tahan terhadap terpaan badai. Berbagai upaya telah dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum. Diawali dengan pelatihan dasar, pelatihan madya dan pelatihan utama, dilanjutkan dengan coaching dan OJT. Dibekali berbagai tips dan trik pemberdayaan, fasilitator juga diapresiasi dengan imbalan jasa dan award.
Di beberapa kota/kabupaten lainnya, pemampuan dan peningkatan keberdayaan fasilitator ditempuh dengan berbagai inovasi dan kreativitas secara swadaya. Upaya yang dilakukan, antara lain, inisiasi pembentukan forum fasilitator, koperasi, arisan, asuransi atau studi banding. Bahkan muncul ide dari seorang teman: pertukaran fasilitator antarkota/kabupaten atau lintas provinsi.
Terbersit dari Sukiyat, pelopor mobil “esemka”, yaitu 3 N—Niteni, Niru dan Nambahi. Atau ATM—Amati, Tiru dan Menambahkan. Kegiatan refreshing oleh Divisi Wisata teman-teman Kabupaten Sukoharjo (Baca: Reorganisasi Koperasi Forum Faskel Sukoharjo, edisi 20 Januari 2012), coba kami terapkan di Kota Bekasi. Pertemuan full team dikemas sebagai media refresh dan memperkuat ke-solid-an personel. Acara digelar pada 14 Januari 2012 di Desa Ciwangi Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut.
Pertemuan full team diawali dengan kegiatan Lintas Kampung. Seluruh peserta dibagi dalam tiga grup, yaitu Grup Anggur, Grup Apel dan Grup Durian. Setiap grup dilepas secara berurut, dengan jeda 15 – 20 menit. Grup Anggur dilepas pada pukul 07.05 WIB, Grup Apel pada pukul 07.25 WIB dan Grup Durian pukul 07.40 WIB.

Grup Durian Mencapai Pos 1

Grup Anggur tiba di Pos 2

Bersama Ketua DKM di Pos 3

Menyeberang secara estafet
Setiap grup harus melintasi 3 kampung yang terdiri dari 6 pos dan dipandu oleh 33 titik penunjuk arah. Setiap grup juga dibekali berbagai alat, yaitu bendera, spanduk, paku payung, pen, kertas, pensil warna, penggaris, gunting, puzzle, spidol dan peta buta.
Di setiap pos, seluruh anggota grup harus bahu membahu melaksanakan tugas sesuai POB yang dibuat panitia. Di Pos 1, Kampung Manyah Beureum, tugasnya adalah merangkai puzzle bersama anak-anak di sekitar pos dan mengenal identitas mereka. Memasuki Pos 2, Warung Pa’ Emod, belanja beberapa jenis makanan dan minuman. Sementara di Pos 3, Mushola Kampung Lebak Jaya , setiap grup harus mengenali sejarah dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus mushola tersebut serta memberikan sumbangan.
Berselang 15 menit, di Pos 4, tugas yang harus dilaksanakan adalah memasang spanduk dan melakukan penyeberangan secara estafet. Di Pos 5, Sawah Kampung Bojong, jarak terjauh yang harus ditempuh setiap peserta, setiap grup harus menggambar sejauh mata memandang di dekat pos tersebut. Selepas lukisan jadi, di Pos 6, pos terakhir yang berdekatan dengan sebuah jembatan, tugas yang diemban adalah memasang bendera grup dan membuat bendungan batu. Sepanjang perjalanan, setiap grup juga bertugas untuk mengumpul 7 jenis bunga yang berbeda warna.

Melukis di batas kampung, Pos 5

Gelaran pertemuan full team
Pukul 13.15 WIB, setelah badminton, memancing dan makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan  pertemuan full team.
Acara diisi dengan sekilas informasi terkait rencana kunjungan BKM Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, “Paturay Tineung” personel yang pindah tugas ke kota lain dan pengumuman pemenang Lintas Kampung.
Grup Anggur keluar sebagai the champhion. Di posisi kedua Grup Apel dan posisi terakhir diisi Grup Durian. Hadiah berupa makanan dan minuman, selanjutnya dinikmati bersama. Tepat pukul 16.30 WIB, seluruh personel kembali bergerak menuju Kota Bekasi. Siap menunaikan amanah dengan semangat yang terbarukan. Semoga. (OC 4 Jabar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar