bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Selasa, 10 Juli 2012

Pelmas Sambil Rayakan Milad LKM Bakti Mandiri


Pada 21 Februari 2012, kami mengadakan syukuran kecil-kecilan. Karena sehari sebelumnya, yaitu 20 Februari 2012, adalah hari jadi LKM Bakti Mandiri yang ke-12. Syukuran ini dihadiri oleh lurah, sekretaris kelurahan, Ekbang dan juga Koorkot Bekasi.
Acara syukuran bertepatan dengan diadakannya Pelatihan Masyarakat (Pelmas) yang dilaksanakan selama dua hari, yakni 20 - 21 Februari 2012, sehingga masyarakat yang waktu itu diundang sebagai peserta pelatihan, turut meramaikan Hari Jadi LKM Bakti Mandiri.
LKM Bakti Mandiri terbentuk pada tanggal 20 Februari 1999, dengan nama BKM Paguyuban Bakti Mandiri. Awalnya BKM/LKM mendapat bantuan dari Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) dengan nilai Rp250 juta, yang lebih diperuntukkan kepada bantuan modal usaha atau ekonomi.

Pada tahun 2008, BKM/LKM Paguyuban Bakti Mandiri menerima program lain, yaitu Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang lebih menekankan pada pemberdayaan aspek Tridaya yaitu Lingkungan, Sosial dan Ekonomi. Dari PNPM, kami mendapat bantuan sebanyak tiga putaran. Pada putaran pertama dan kedua, kami mendapat bantuan sebesar Rp350 juta, sedangkan putaran ketiga sebesar Rp200 juta.
Dengan adanya PNPM pembangunan di wilayah Kelurahan Jatisari menjadi lebih baik, karena jalan-jalan yang tadinya masih tanah sekarang sudah dibeton dan dipaving. Rumah tidak layak huni pun sudah banyak yang telah jadi layak huni. Kegiatan ekonomi juga mengalami kemajuan, walau tidak banyak. Karena, dengan adanya PNPM, banyak warga yang mempunyai usaha, terbantu dengan bantuan pinjaman modal usaha untuk mereka. Untuk kegiatan sosial pun kami telah mengadakan pelatihan membuat kue dan bantuan peralatan untuk Posyandu se-Kelurahan Jatisari.

Pada masa kepengurusan saat ini LKM Bakti Mandiri mempunyai tiga generasi kepengurusan, yang mudah-mudahan bertambah solid. Generasi pertama, ada Bapak Subagyono sebagai pendiri sekaligus koordinator, hingga kini. Generasi kedua adalah Ibu Syamsuri atau Ibu Soemaryati dan Ibu Novi, yang mulai bergabung pada tahun 2008, tepat ketika PNPM masuk ke Kelurahan Jatisari. Generasi ketiga, ada muda-mudi yang ikut meramaikan kiprah LKM, yaitu Ibu Rika, Ibu Yayuk, dan yang lebih baru lagi, Ibu Dewi. (PL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar