bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Selasa, 10 Juli 2012

Bersama Melayani Masyarakat


Keberadaan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Candrabaga di Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi mempunyai peranan penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan melalui kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan.
Sebagai perwujudan dari lembaga masyarakat yang dibangun oleh, dari, dan untuk masyarakat, BKM Candrabaga berupaya semaksimal mungkin untuk memfasilitasi dan melayani masyarakat miskin.
Pemanfaatan bantuan langsung masyarakat (BLM) untuk kegiatan tridaya oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) selain kegiatan infrastruktur, BKM Candrabaga juga melakukan inisiasi kegiatan sosial berkelanjutan. Upaya tersebut diawali dengan pembangunan Posbindu di RT 03/14.
Pembangunan Posbindu dilaksanakan pada tahun 2009 oleh KSM Cerah, dengan total pembiayaan Rp 52.670.000, terdiri atas Rp21,6 juta bersumber dari BLM dan realisasi swadaya masyarakat sebesar Rp31.070.000.
Bekerja sama dengan Puskesmas Kranji, selanjutnya UPS BKM Candrabaga melaksanakan kegiatan pengobatan gratis bagi para lansia. Kegiatan pengobatan gratis ini dilaksanakan dengan melibatkan PKK sebagai relawan yang aktif. Didampingi pula oleh Dr. Sari dari Puskesmas Kelurahan Kranji, Kecamatan Bekasi Barat.
Program ini sudah berjalan sejak Februari 2010 dan dilaksanakan secara rutin pada minggu ketiga setiap bulannya. Program pengobatan gratis meliputi pemeriksaan kesehatan, pemberian obat, tes gula darah, pemeriksaan tekanan darah dan pemberian makanan tambahan.
Keberadaan Posbindu di Kelurahan Kranji semakin berkembang. Kini Posbindu telah dilengkapi dengan alat-alat kesehatan, antara lain tensi, timbangan, terapi kesehatan, cek gula darah, kolestrol dan termometer.
Selain digunakan untuk kegiatan pengobatan gratis, Posbindu ini juga digunakan untuk kegiatan pengajian dan pertemuan BKM/KSM. (OC 4 Jabar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar