bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Kamis, 05 September 2013

Nikmati KUR BJB Berkat LKM


Tatik Masriati adalah seorang warga RT 03 RW 03 Kampung Pedurenan, Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur yang berhasil menjalankan usahanya. Perempuan yang memiliki 4 anak dan 7 cucu ini membuka usaha di rumahnya. Usaha yang dirintis sejak tahun 2006 itu adalah berdagang kebutuhan pokok rumah tangga, seperti air mineral dan gas elpiji. Awalnya usaha ini dijalankan guna mendukung penghasilan suaminya yang telah pensiun dari Kementerian Kesehatan, Golongan III.

Modal awal yang Tatik gunakan didapatkan dari pinjaman ekonomi bergulir sebesar Rp500.000 melalui Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Duren Jaya. Ia sendiri tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bougenvil. Pinjaman tersebut diperolehnya pada tahun 2007 dengan masa pengembalian selama 10 bulan. Pada tahun 2008, ia kembali mendapat kucuran pinjaman sejumlah Rp1 juta. Dan, tahun 2009 Tatik mendapat pinjaman ketiga sejumlah Rp1 juta.

Selepas sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang dilaksanakan LKM dengan menghadirkan narasumber dari KSP Swamitra, BNI dan BJB, Tatik mencoba mengakses KUR. Dengan bantuan LKM, pada Maret 2010 Tatik mendapat persetujuan pinjaman KUR dari BJB sejumlah Rp25 juta. Cicilan yang harus dibayar olehnya adalah Rp903.000 per bulan untuk masa pinjaman selama 3 tahun. Adanya pinjaman KUR dari BJB, dibarengi ketekunan dan kerja keras, membuat usaha Tatik semakin berkembang.


Dibantu secara administrasi oleh Sintya Dewi, putri keduanya, usahanya diperluas dengan menjual voucher pulsa, bensin eceran dan pakaian batik. Penyediaan air mineral dan gas elpiji ditingkatkan kapasitasnya. Selain itu, memanfaatkan cuaca panas di Kota Bekasi, Tatik juga melihat peluang bisnis membuat es batu dengan freezer.

Ia tak berhenti melakukan pengembangan usahanya. Kini, Tatik merambah juga ke usaha penjualan produk Melilea dan obat herbal serta perlengkapan bayi. Tak terasa, pinjaman dari BJB telah berlalu 24 bulan, sehingga tersisa 12 kali lagi angsuran. “Alhamdulillah saya telah merasakan sendiri bahwa pinjaman KUR BJB ini sangat bermanfaat. Mudah didapat dan angsurannya ringan. Terima kasih kepada LKM Duren Jaya yang telah memfasilitasi kerja sama dengan BJB,” ujarnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar