bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Rabu, 10 Agustus 2011

Out Of The Box (2)

Teringat masa KKN (Kuliah Kerja Nyata) tahun 1996 di Desa Mandalahayu Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya, sebuah SMP mengadakan Jurit Malam bagi anggota pramukanya. Saya mengajukan diri untuk berpartisipasi dalam acara renungan malam. Empat belas tahun kemudian, hal tersebut terulang.

Dalam Refresh Pemanas pada Mei 2010, bertempat di Hotel View Village Bogor, sebuah pembelajaran yang difasilitasi panitia demikian berharga, yaitu ESQ dengan tema ‘Bekerja dengan Hati’ dengan pemandu Kang Azul. ESQ dilakukan mulai pukul 9.00 – 17.45 WIB. Seluruh rangkaian ESQ saya tulis di HP. Terbersit sebuah tekad, acara ini harus dapat dilaksanakan di internal kekorkotan dan dilanjutkan pada BKM/masyarakat sebagai sebuah media untuk Membangun Dari Dalam, penggiringan hati menuju kesadaran kritis, menemukenali jati diri sebagai The Champion dan bagian kecil dari Out Of The Box.

Persiapan ESQ, dimulai dengan menyalin seluruh catatan di HP, disusun menjadi sebuah rangkaian. Langkah selanjutnya pengumpulan gambar dan lagu. Melalui Google, diambil beberapa gambar yang dinilai berkaitan dengan materi. Lagu-lagu dari berbagai aliran di-copied, di-deleted, di-exchanged, di-replaced dan akhirnya di-saved. Jadilah sebuah album yang terdiri dari lagu anak-anak, dangdut, instrumental, Sunda, India, Barat, pop dan rock. Berbagai peralatan disiapkan, yaitu bola plastik aneka warna, puzzle, pedang mainan, gitar, soundsystem, infocus, plano, spidol dll. Reviewed, repaired dan improvement terhadap slide yang akan dipaparkan dan session guide, terus dilakukan bahkan sampai beberapa menit sebelum acara dimulai.

ESQ pertama, dilaksanakan pada 11 Juni 2010 bertempat di aula kelurahan Arenjaya kecamatan Bekasi Timur. Pembiayaan dilakukan secara swadaya dari seluruh personil Kota Bekasi. Acara diikuti 49 orang, baik dari PNPM maupun Advanced. Tak ketinggalan sekretaris, operator dan driver. Seluruh peserta mengenakan kaos coklat dan wajib membawa sebuah coklat. ESQ dimulai pukul 9.30 dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Acara dihentikan dua kali untuk istirahat dan menunaikan sholat Jumat serta Ashar.

Maklum bukan biangnya, saya sempat mengalami beberapa kali eror manakala peralihan dari satu sesi ke sesi berikutnya, bahkan mengalami kebuntuan. Solusi ditempuh dengan memperpanjang jalannya sebuah sesi. Soundsystem yang ala kadarnya, menyebabkan acara berlangsung dengan putus - nyambung. Gangguan sering muncul terutama pada saat pemutaran lagu. Diprediksi karena speaker yang unqualified dan low batery pada mik. Pada sessi muhasabah, lidah sering keliru melapalkan kalimat.

ESQ kedua, dilaksanakan pada 22 Desember 2010. ESQ dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan Pelatihan pada BKM. Seluruh peserta merupakan perwakilan dari 7 BKM yang menjadi dampingan Tim 1. Enam BKM dari kecamatan Jati Asih dan satu BKM dari kecamatan Bekasi Timur. ESQ dilaksanakan di aula kelurahan Jatiasih. Diikuti lebih dari 60 orang, ESQ dibuka oleh PJOK kecamatan Jati Asih. Hampir seluruh peserta mengenakan kaos putih.

ESQ dilaksanakan dengan penambahan dan perubahan beberapa materi. Perubahan antara lain dengan penyampaian slide ’Sebelum Kamu Mengeluh’ dan ’Tempayan Retak’, coklat ditukar dengan permen dan pelaksanaan game selepas muhasabah. Game yang dilaksanakan, yaitu Yel-Yel, merangkai kalimat, puzzle, lempar bola, barisan bergeser kiri-kanan dan plano bergerak. Tempat yang memadai dan soundsystem yang qualified, menjadikan ESQ kedua berjalan lebih baik. Meskipun penyampaian materi sempat mengalami eror.

ESQ ketiga dilaksanakan pada 27 Januari 2011. Pesertanya adalah BKM Arya Kelurahan Arenjaya Kecamatan Bekasi Timur. Diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari seluruh pimkol BKM beserta UP, plus PKK dan kader Posyandu. ESQ dilaksanakan di sekretariat Posyandu RW 11. Meski ber-AC, tempat yang disediakan Tim 1, kurang memadai. Tempat yang kecil dengan ukuran 6 m x 10 m, menjadikan seluruh area tidak ada jarak. Sorotan infocus hanya 30 % dari kapasitasnya. Game dan aktivitas seluruh peserta menjadi terbatas. No problem, materi dapat disampaikan dengan melakukan short cut di beberapa bagian. Ultimately, these events can be resolved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar