bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Rabu, 10 Agustus 2011

ADA PELANGI DI KOTA BEKASI

Rangkaian kegiatan Lokakarya Kecamatan di Kota Bekasi, telah selesai dilaksanakan. Perubahan telah terjadi. Tahun lalu, lokcam terlaksana di 9 kecamatan. Tahun ini, terlaksana di seluruh kecamatan, yaitu 12 kecamatan.

Aneka rupa dan peristiwa dalam lokcam sangat beragam. Persiapan di tataran konsultan, lokcam merupakan target dari kinerja 100 hari terhitung 1 April 2011. Melalui pertemuan di tingkat SF dan dikuatkan dalam pertemuan seluruh personil, belajar dari lokcam tahun 2010, mekanisme lokcam telah tersampaikan pada seluruh tim. Kantor Pemberdayaan Masyarakat (Kapermas), selaku Satker PIP Kota Bekasi, menyiapkan dana stimulant lokcam sejumlah Rp. 1.000.000. Dana tersebut dialokasikan untuk konsumsi peserta lokcam sejumlah 50 orang.

Meskipun surat edaran dari pemkot belum selesai dan dana dari Kapermas belum cair, Tim 4 bersama BKM sekecamatan Jati Sampurna, berani maju lebih dulu. Lokcam digelar pada 24 Mei 2011 yang dibuka secara resmi oleh Camat Jati Sampurna. Spanduk terpasang di dalam dan luar aula. Umbul-umbul dari 5 BKM, berkibar di seputar halaman kantor kecamatan.
Pada 27 Mei 2011, dilakukan pertemuan antara Satker, SF, PJOK dan Kapermas. Dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan lokcam di Jati Sampurna sebagai gambaran untuk lokcam di 11 kecamatan lainnya. Pada pertemuan tersebut, Satker menyerahkan dana stimulan lokcam pada seluruh PJOK. Berikut kuitansi, faktur dan daftar hadir sebagai bahan LPJ pasca kegiatan lokcam.
Lokcam selanjutnya dilaksanakan pada 31 Mei 2011 di aula kelurahan Jatiasih. FBKM Jati Asih berhasil mengadakan kerjasama dengan BTN. Selain mendapat konsumsi, seluruh peserta mendapatkan tool kit partisipasi dari BTN. Dalam acara lokcam juga dihadirkan berbagai produk dari KSM binaan BKM dan warga, antara lain : boneka, makanan dan aksesoris. Acara berlangsung hingga pukul 15.30 WIB.

Pada 9 Juni 2011, secara bersamaan digelar lokcam di dua kecamatan, yaitu Bekasi Utara dan Pondok Gede. Lokcam di Bekasi Utara, dihadiri oleh 2 orang anggota DPRD, 3 kepala unit BRI dan perwakilan dari BRI Cabang Kota Bekasi. Pendopo kecamatan tampak meriah dengan parade photo dan produk KSM dari seluruh BKM. Sementara di Pondok Gede, selain menampilkan produk KSM, lokcam menjadi beda. BNI hadir dengan personil yang cukup lengkap. Hampir seluruh divisi hadir. Bahkan kepala cabang, turut memberikan sambutan.

Lokcam di Mustika Jaya yang dilaksanakan pada 14 Juni 2011, meski tanpa sponsor, muncul hal baru. Pada acara tersebut dilakukan pelantikan FBKM Kecamatan Mustika Jaya oleh FBKM Kota. Pada 21 Juni 2011, Lokcam dilaksanakan di kecamatan Rawa Lumbu dan Bekasi Selatan. Di kecamatan Rawa Lumbu turut memberikan materi adalah perwakilan dari Himpunan Pedagang Kaki Lima dan BRI Unit Rawa Lumbu. Sementara di Bekasi Selatan, turut hadir anggota DPRD.

Gelaran berikutnya dilaksanakan pada 22 Juni 2011 di kecamatan Medan Satria. Lokcam dilaksanakan dengan mengikuti pola di Bekasi Utara. Turut berpartisipasi PT Arnolt dan BRI Unit Kranji. BKM menampilkan dokumentasi kegiatannya dan produk KSM turut dipasarkan. Pada lokcam ke-9 dan ke-10, yaitu di kecamatan Bekasi Barat dan Pondok Melati (30 Juni 2011), BNI hadir dan berpartisipasi langsung dalam kegiatan tersebut. Di Bekasi Barat, terjadi kekeliruan dalam penyediaan konsumsi. Sementara di Pondok Melati, seluruh koordinator BKM mendapat souvenir.

Pada 5 Juli 2011, Lokcam di Bantar Gebang, turut dihadiri oleh sebuah yayasan yang bergerak dalam usaha pengolahan limbah plastik. Lokcam terakhir di Bekasi Timur, 7 Juli 2011, acara berjalan di luar perkiraan alias tidak sesuai rencana. Lokcam di Bekasi Timur, berbarengan dengan Rapat Paripurna DPRD yang dilaksanakan berkaitan dengan wafatnya Ketua DPRD, Drs. H.Azhar Laena. Acara lokcam dimulai pada pukul 09.30 WIB. Dibuka oleh Sekcam, sambutan perwakilan LPM Kota Bekasi berubah layaknya narasumber memberikan materi. Pada pukul 10.30 WIB, acara dilanjutkan dengan arahan dari Camat, Kepala Kapermas selaku Kepala Satker , sosialisasi BNI dan arahan Tim Stimulan. Lokcam ditutup pada pukul 12.15 WIB.

Selain menguatkan keberadaan FBKM di setiap kecamatan dengan program kerja yang terencana dan meningkatkan koordinasi antara FBKM Kota dan FBKM Kecamatan, lokcam tahun 2011 menjadi titik tolak untuk MERAIH ESOK yang lebih baik. Berbagai peristiwa yang terjadi di dalamnya, akan menjadi warna tersendiri bagi perjalanan PNPM MP di Kota Bekasi. Sementara dari output dan outcome yang ada, akan menjadi catatan lain bagi seluruh pelaku PNPM MP. Ada Pelangi di Kota Bekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar