bekerja dengan keberkahan

bekerja dengan keberkahan
masjid AL-BARKAH Kota Bekasi

Selasa, 28 Agustus 2012

Sekilas Gelar Karya PNPM MP 2012


I. LATAR BELAKANG
Pelaksanaan PNPM MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perkotaan) di kota Bekasi diawali pada tahun 2007. PNPM MP merupakan lanjutan dari  P2KP (Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan). PNPM MP dilaksanakan di 56 kelurahan yang tersebar dalam 12 kecamatan.
Dalam pelaksanaannya, masih terdapat kekurangan, antara lain : tingkat sosialisasi yang masih belum maksimal di tingkat kota, baik pada lembaga pendidikan, swasta, maupun masyarakat umum. Di sisi lain, partisipasi masyarakat dan kelompok peduli serta SKPD masih minim peran sertanya dalam merealisasikan usulan kegiatan masyarakat yang tercantum dalam PJM Pronangkis (Perencanaan Jangka Menengah Program Penanggulangan Kemiskinan). PJM yang ada cenderung hanya difasilitasi dengan dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) yang telah dialokasikan melalui skema proyek, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD melalui DDUB (Dana Daerah Urusan Bersama).
Kaitannya dengan pemanfaatan BLM, bahwa masih ada pemahaman di masyarakat dan pelaku lain, bahwa BLM hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan masyarakat miskin. Di luar itu, BLM merupakan media bagi pembelajaran bagi siapapun, masyarakat miskin atau non miskin untuk berperan aktif bersama-sama dalam pembangunan, khususnya penanggulangan kemiskinan. BLM yang disediakan dan dikelola oleh BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) beserta UP (Unit Pengelola), harapannya dapat dilaksanakan dengan memenuhi prinsip transparansi dan akuntabilitas. 
PNPM MP mesti dilaksanakan oleh tiga pilar pembangunan, yaitu pemkot, masyarakat dan kelompok peduli. Komitmen, sumbang saran, partisipasi, kemitraan dan sinergitas dari seluruh stakeholder, mutlak diperlukan. Pameran PNPM MP di tingkat kota, Gelar Karya, harapannya menjadi titik awal untuk terbangunnya kepedulian bersama dan sense of belonging terhadap pelaksanaan PNPM MP, khususnya kebersamaan dalam penanggulangan kemiskinan sebagai bagian dalam mewujudkan Kota Bekasi yang Cerdas, Sehat dan Ihsan.
II. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah :
1.    Peserta dan masyarakat umum menjadi terdorong mengetahui dan memahami proses – urutan siklus serta ke depannya dapat turut berpartisipasi dalam kegiatan PNPM MP.
2.  Peserta dan masyarakat umum, terdorong untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang telah disusun dalam PJM Pronangkis.
3.  Peserta dan masyarakat umum mengetahui berbagai jenis kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam PNPM MP.
4.   Peserta dan masyarakat umum berkomitmen untuk menjalin kemitraan dan sinergitas dalam PNPM MP, khususnya dalam penanggulangan kemiskinan.
III. HASIL
Berangkat dari tujuan di atas, maka hasil yang diharapkan adalah sebagai berikut :
1.    Peserta dan masyarakat umum mengetahui prosedur yang harus dilakukan berkaitan dengan proses dan kesempatan dalam siklus PNPM MP.
2.   Peserta dan masyarakat umum mengetahui secara tepat, jenis dan program serta kegiatan yang dapat diakses untuk turut serta menyukseskan berbagai usulan yang telah dibuat oleh masyarakat dalam PJM Pronangkis.
3.    Peserta dan masyarakat umum mengetahui lebih dalam berkenaan dengan kegiatan yang telah dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh masyarakat.
4.  Peserta dan masyarakat umum berkomitmen untuk menjalin kerjasama, kemitraan dan sinergitas dalam PNPM MP, khususnya dalam penanggulangan kemiskinan.

IV. METODE

Kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk :
·      Pameran : menampilkan berbagai hasil dari kegiatan tridaya (Lingkungan, Sosial dan Ekonomi) yang dilaksanakan oleh masyarakat, baik berupa dokumentasi maupun produk.
·     Aneka lomba, yaitu : Lomba Mewarnai (TK), Lomba Menggambar (SD), Lomba Baca Puisi (SMP), Lomba Kreativitas (SMA dan PKK), Lomba Poster (Mahasiswa) dan Lomba Photo (BKM).
·         Hiburan : tarian daerah, musik, game dan kuis.
·         Pemutaran film bertema pemberdayaan masyarakat dan hiburan untuk anak-anak.
·    Bazaar : menampilkan produk dari seluruh peserta, yaitu dari masyarakat binaan KSM/BKM, perorangan, SKPD, sponsor dan PNPM MP kota/kabupaten lainnya.
·         Lainnya : donor darah bersama PMI, PNPM MP award dan kegiatan channeling/ kemitraan yang dilaksanakan oleh BKM.
V. PESERTA
Terdiri dari : pimpinan kolektif BKM (504 orang), Unit Pengelola (UP) BKM (280 orang), Kepala Kelurahan dan staf (224 orang), Camat dan staf (24 orang), PJOK dan staf (24 orang), Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Bekasi (30 orang), Satker – PPK (24 orang), DPRD (10 orang), Muspida Kota (10 orang), SKPD (30 orang), Forum BKM Kota (10 orang), Komunitas Belajar Perkotaan (KBP) Kota Bekasi (15 orang), wartawan (4 orang), Konsultan (60 orang), Perguruan Tinggi (5 orang), peserta dan masyarakat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar